Langsung ke konten utama

tugas softskill

A.    DESKRIPSI PERUSAHAAN
Nama Usaha                                        : Bakso Mas Yon
Nama Pemilik                                      : Yon Maryono
No. Telepon                                        : 08154025168
Alamat                                                  : JL. Zainal Abidin Pagar Alam No.90 Kelurahan Gedung Meneng Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung
Jenis Usaha                                         : Rumah Makan
Modal dan Kekayaan Bersih              : Rp. 50.000.000,00
(tidak termasuk tanah dan bangunan )
Kelembagaan                                      : Perusahaan Kecil 
Kegiatan Usaha (KLUI)                     : Pengecer
Nomor SIUP                                       : 510.21/ 00191/ 30.10/ 20.2/ II/ 2011
Nomor SIUK                                      : 556.2/ 00034/ 30.10/ 20.11/ II/ 2011
Nomor SITU/ HO                               : 504.1/ 00298/ 30.10/ 20.6/ I/ 2011
Pekerja                                                : kurang lebih 15 orang

B.     SEJARAH PERUSAHAAN
Berawal dari titik nol,Bapak Yon sudah memulai usahanya ini dibidang makanan ringan. Pada tahun 1980 bulan November, ia mengawalinya dengan berjualan keliling menggunakan angkring yang dipikulnya. Saat itu ia menjual bakso dengan harga Rp.5,00. Ia mengatakan bahwa awal mulanya ia menjual


bakso ini disebabkan oleh faktor lingkungannya dimana ketika itu banyak orang disekeliling rumahnya berjualan bakso maka timbullah ketertarikannya untuk mencoba berjualan juga. Ia berjualan di daerah kawasan JABODETABEK dan sekitarnya. Berkat kerja keras dan kegigihannya dalam menjalankan usaha berdagang keliling ini maka pada tahun 1987 ia menjalankan usahanya kembali di Lampung tepatnya Bandar Lampung.

Berikut perkembangan Bakso Mas Yon dari awal sampai sekarang :

No
Jenis Usaha
Tahun/ bulan
Alasan memilih usaha
1
Bakso
1980/ November sampai sekarang
Faktor lingkungan : Pak Yon ingin mencoba membuka usaha bakso dengan berkeliling menggunakan angkring yang dipikul karena ia tertarik dengan masyarakat sekitar yang juga menjual bakso keliling.
2
Mie Ayam
1991 sampai sekarang
Setelah mempunyai omset yang cukup besar ia kembali membuka usaha dengan memproduksi mie ayam yang juga sangat diminati oleh masyarakat terutama pecinta kuliner nusantara


C.    TENAGA KERJA
Berikut daftar nama-nama para pekerja yang bekerja pada pangkalan Bakso Mas Yon adalah sebagai berikut :

No
Nama
Umur (tahun)
Posisi (tugas)
Pendidikan
Lama Kerja
1
Shandi
21
Pelayan
SMP
6 tahun
2
Agus
40
Pelayan
SMA
20 tahun
3
Bude Marni
65
Pengolah bumbu
SD
3 tahun
4
Bude Harianti
52
Pengolah bumbu
SMP
3 tahun
5
Bude Hartini
35
Pengolah bumbu
SMA
15 tahun
6
Joni
20
Penyaji
SMA
1 tahun
7
Jon
30
Penyaji
SMA
1 tahun
8
Andre
19
Pelayan Es
SMA
10 bulan
9
Udin
19
Pelayan Es
SMA
11 bulan
10
Jefri
21
Pelayan Es
SMA
6 bulan
11
Mei
19
Cuci Piring
SMA
2 tahun
12
Widia
17
Cuci Piring
SMA
1 tahun
13
Aan
19
Penyaji
SMA
2 tahun
14
Wandi
18
Penyaji
SMA
1 tahun
15
Jaja
18
Pelayan Es
SMA
5 bulan

Dari hasil data diatas bahwasannya tenaga kerja kebanyakan lulusan dari SMA. Hal ini berpengaruh pada pengetahuan yang mereka dapatkan dalam bekerja. Selain itu, tenaga kerja berasal dari keluarga dan kerabat dekat. Akan tetapi sebagian lagi berasal dari bukan keluarga atau orang lain yang melamar untuk bekerja di pangkalan Bakso Mas Yon ini.

D.    KENDALA YANG DIHADAPI
Kendala yang dihadapi Pak Yon dalam memproduksikan Bakso dan Mie Ayam hanya ada pada modal awalnya. Ia bercerita untuk sekarang ini belum ada alang rintang yang ia hadapi hanya saja untuk awal mulanya ia mengalami kesulitan terhadap modal awal. Namun ia yakin semua pasti ada jalan keluarnya, ia menggunakan modal seadanya itu untuk terus berusaha terhadap usaha makanan ringan ini. Dan berkat kegigihannya, semua kendalanya dapat diatasi dan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

E.     ANALISIS KELEMAHAN MANAJEMEN PERUSAHAAN
Beberapan studi analisis kelemahan manajemen perusahaan yang dialami oleh Pak Yon dalam pendistribusian makanan dan minuman ringannya adalah sebagai berikut :

1.      Kelemahan Aspek Manajemen Pemasaran
Pada kasus ini dapat dilihat Bapak Yon Maryono hanyalah sebagai lulusan SD yang kurang mempunyai pengetahuan tentang pemasaran global maka tidak dipungkiri dalam hal strategi pemasarannya pun kurang baik dan belum berjalan sesuai ketentuan pemasaran yang baik.


2.      Kelemahan Aspek Manajemen Operasi
Dalam hal ini teknologi yang digunakan masih sangat sederhana dan terjangkau. Begitupun dengan bahan pokok yang diambil dari tempat langganan Pak Yon yang berada di Pasar Gintung ( belakang Bambu Kuning samping Bunderan King). Sedangkan sayuran yang berupa sawi, daun bawang dll diantar dari Way Halim.

3.      Kelemahan Aspek Manajemen SDM
Sebagian besar pekerja yang bekerja di pangkalan Bakso Mas Yon ini masih ada ikatan saudara dan kerabat dekat. Hal ini dapat menutup peluang orang lain yang ingin mendapatkan pekerjaan tersebut.

4.      Kelemahan Aspek Manajemen Keuangan
Kelemahan yang sangat terlihat pada aspek ini adalah tidak adanya rincian pembukuan keuangan terhadap pemasukan dan pengeluaran saat berproduksi. Jadi antara keuntungan (modal) dan harta pridadi tidak ada pemisah. Hal ini juga bergantung pada pengetahuan tentang strategi keuangan dalam suatu perusahaan yang memproduksi suatu barang dan jasa misalnya.

5.      Pembinaan Untuk Perusahaan
Pada perusahaan kecil yang dipimpin oleh Pak Yon ini tidak adanya pelatihan/ pembinaan dari lembaga atau instansi yang berwenang. Hal ini disebabkan karena kebutuhan softskil masih sangat mendasar. Terbukti dari bumbu racikan yang memang asli dari Pak Yon yang terjun langsung untuk membuatnya. Selain itu para karyawan yang bekerja pun tidak melalui pembinaan khusus dari suatu lembaga atau instansi tertentu.





III.             KESIMPULAN

Dari hasil wawancara yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa :
        
Usaha kecil yang sudah berjalan sekitar 32 tahun ini mempunyai perjalanan yang cukup panjang dan sangat menarik. Dimulai dari berdagang kecil-kecilan dengan berkeliling menggunakan angkringan yang dipikul sampai menghasilkan 3 tempat pangkalan yang cukup mewah dan besar untuk disinggahi. Dari segi keuntungan sangat besar dimulai dengan menjual seharga Rp 5,00 sampai meraih keuntungan sebesar Rp 10.000.000,00 per hari dengan biaya produksi Rp 5.000.000,00. Beliau berpesan pada generasi penerus bahwasannya dalam berwirausaha dibutuhkan kerja keras, kegigihan tanpa pantang menyerah. Karena di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan melainkan karena kurang kerasnya dalam bekerja.

http://blogmayasalman.blogspot.com/2012/11/identifikasi-usaha-kecil.html?=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

wawancara koperasi

EKONOMI KOPERASI   Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena dengan rahmat-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Kunjungan keKoperasi Teratai Mandiri. Kami berharap dengan adanya makalah mengenai kunjungan koperasi yang kami lakukanini, para pembaca dapat memahami isi dari makalah yang kami sampaikan.Kami berharappara pembaca dapat mengambil ilmunya. Kami sebagai penulis menyadari bahwa penyusunan makalah Ekonomi Koperasi mengenai kunjungan keKoperasi ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kami sangat mengharapkan para pembaca dapat memberikan berbagai kritik dan saran yang membangun, yang dapat membuat penulis dapat menciptakan berbagai karya yang lebih baik lagi kedepannya.Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih .       Data Koperasi Terdiri : -         Nama Koperasi     : Ko...

BUSINESS ENGLISH TASK #2

UNIT 4 Page 35 Part B 1.  One, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten 2. Eleven, twelve, thirteen, fourteen, fifteen, sixteen, seventeen, eighteen, nineteen, twenty Twenty one, twenty two, twenty three, twenty four, twenty five 3. Twenty one, twenty two, twenty three, twenty four, twenty five, twenty six, twenty seven, twenty eight, twenty nine, thirty Thirty one, thirty two, thirty three, thirty four, thirty five, thirty six, thirty seven, thirty eight, thirty nine, fourty Fourty one, fourty two, fourty three, fourty four, fourty five, fourty six, fourty seven, fourty eight, fourty nine, fifty Fifty one, fifty two, fifty three, fifty four, fifty five, fifty six, fifty seven, fifty eight, fifty nine, sixty Sixty one, sixty two, sixty three, sixty four, sixty five, sixty six, sixty seven, sixty eight, sixty nine, seventy Seventy one, seventy two, seventy three, seventy four, seventy five, seventy six, seventy seven, seventy eight,...

COMPANY PROFILE PT. HM SAMPOERNA Tbk

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (“Sampoerna”) merupakan salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia. Kami memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang dikenal luas, seperti Sampoerna Kretek, A Mild , serta “Raja Kretek” yang legendaris Dji Sam Soe . Kami adalah afiliasi dari PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris International, produsen rokok terkemuka di dunia. Misi kami adalah menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan senantiasa mencari tahu keinginan konsumen, dan memberikan produk yang dapat memenuhi harapan mereka. Kami bangga atas reputasi yang kami raih dalam hal kualitas, inovasi dan keunggulan. Pada tahun 2012, Sampoerna memiliki pangsa pasar sebesar 35,6% di pasar rokok Indonesia, berdasarkan hasil Nielsen Retail Audit Results Full Year 2012 . Pada akhir 2012, jumlah karyawan Sampoerna dan anak perusahaannya mencapai sekitar 28.500 orang. Selain itu, Perseroan juga berkerja sama dengan...